Rezeki yang Tidak Hanya Dihitung Jumlahnya, Tetapi juga Keberkahannya


(Oleh) Cahyadi Takariawan

Rezeki tidak bisa dihitung hanya dari segi kuantitas atau jumlahnya, namun harus dilihat pula dari segi keberkahannya.

Secara bahasa, kata berkah (Arab : al-barakah) berarti berkembang, bertambah dan kebahagiaan. Imam An-Nawawi berpendapat, โ€œAsal makna keberkahan ialah kebaikan yang banyak dan abadi.โ€

Rezeki yang berkah maknanya adalah mendatangkan banyak kebaikan dan kebahagiaan. Walau hanya memiliki uang yang terbatas, kalau berkah, maka akan bisa mendatangkan sangat banyak kemanfaatan, kebaikan dan kebahagiaan.

Rezeki yang tidak berkah, walau banyak, justru mendatangkan banyak keburukan dan kesengsaraan. Bisa jadi ada orang punya mobil mewah, tetapi justru menyebabkannya menjadi sombong dan akhirnya menambah musuh. Banyak kerabat dan tetangga yang marah karena sikapnya, akhirnya mobil itu justru menyebabkannya mendapatkan permusuhan.

Bisa jadi ada orang punya mobil tua dan butut, namun sangat banyak memberikan kemanfaatan dan kebaikan bagi keluarga, sahabat, tetangga, dan masyarakat sekitarnya.

Bisa jadi ada orang punya fasilitas yang sederhana, namun sangat banyak memberikan kemanfaatan dan pertolongan bagi orang-orang yang memerlukan.

Itu adalah gambaran berkah, yaitu ada pertambahan dan perkembangan nilai. Memberikan banyak kemanfaatan, kebaikan dan kebahagiaan.

Semoga rezeki kita berkah. Semoga umur kita berkah. Semoga pernikahan (bagi yang belum dan yang sudah kawin) kita berkah.

Selamat pagi,sahabat. Selamat beraktivitas.

Sumber : Sebuah postingan seorang kawan di suatu grup WhatsApp.

Semoga kita bisa mengambil hikmahnya.๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s