Kesombongan Intelektual, Penyebabnya, Akibatnya, dan Solusinya


​Masyarakat umum menganggap para pemangku amanah dan pimpinan sering bersikap eksklusif dan sering dianggap mempunyai kesombongan intelektual. Benarkah demikian?
Mari kita coba telaah bersama.

Imam Al Ghazali, berpendapat bahwa kesombongan intelektual ini berakar dari dua sebab. Pertama, karena ilmu dan kepandaian yang dimiliki, sangat sukar untuk tidak membanggakan diri,  merasa pakar dalam bidang tertentu; dan karena kepakarannya, lantas merasa superior. Perasaan superioritas inilah penyebabnya.(Kitab lhya ‘Ulum al-Din, 3/367).

Kesombongan intelektual ini, lanjut Ghazali, akan semakin bertambah manakala ilmu yang digeluti sang pakar bukan ilmu yang hakiki. Yang dimaksud ilmu hakiki ialah ilmu yang dengannya seorang dapat mengenal dirinya dan mengenal Tuhannya dan lebih mendekatkan diri ke akhirat. “Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hambanya adalah ulama (ilmuwan).” (QS Fathir: 28).

Faktor lain yang mendorong orang menjadi sombong dan arogan. Misalnya, prestasi kerja (al-amal), kecantikan (al-jama), harta kekayaan (al-mal), serta anak buah dan pengikut (al-atba’ wa al­anshat). Namun dibandingkan semua itu, ilmu pengetahuan, menurut Ghazali, merupakan faktor paling dominan. Menurut imam Ghazali,  jalan  untuk menangkal penyakit ini adalah :
Pertama,    harus belajar bersikap rendah hati dengan tidak mengklaim paling tahu dan paling benar.
Kedua, selalu berpihak kepada kebenaran.

Jadi,  marilah kita perbaiki akhlak kita di masyarakat dengan lebih bersikap rendah hati, lebih menghargai, lebih banyak mendengarkan, tidak menonjolkan pandangan pribadi, jauhi berdebat, dan  hal-hal yang melukai perasaan orang lain khususnya karena meremehkan, dan sebagainya. Wallahu’alam.

Sumber : Sebuah postingan seorang kawan di suatu grup WhatsApp.

Semoga kita bisa mengambil hikmahnya.🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s