Was-was Setan saat Manusia Berinteraksi dengan Al Qur’an


QS An Nahl : 98 “Apabila kamu membaca Al Qur’an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk”.

Ibnu Qayyim menafsirkan bahwa tidak ada pekerjaan manusia yang lebih besar gangguan setannya daripada kegiatan bersama Al Qur’an. Karena itulah pentingnya bagi kita yang akan membaca Al Qur’an untuk segera berlindung kepada Allah dari godaan setan.

Contoh was-was :
Sering menunda-nunda bagian juz yang harus dibaca pada hari itu , tidak bisa berkonsentrasi, atau harus mengerjakan tugas lain yang belum diselesaikan, begitu juga was-was seakan-akan tidak ada waktu untuk berinteraksi dengan Al Qur’an.

Dalam kondisi seperti ini, cari jawaban dari dalam diri kita sendiri, azzamkan diri di ucapan, “Mengapa untuk berbagai kegiatan yang lain tersedia waktu yang cukup tetapi untuk bertilawah merasa tidak ada waktu?”
Jadi permasalahan ssungguhnya bukanlah ada atau tidak waktu, tapi adakah ‘kemauan’  dalam diri kita untuk menyempatkannya atau tidak?

Jika kita tidak bisa berkonsentrasi saat itu,  berhentilah sejenak, lalu tanyakan pada diri kita, “Sudahkah kita merasa dinasehati oleh Allah dengan ayat-ayat yang sudah dibaca?”

Jika belum , maka mulailah dengan konsentrasi baru dan memandang ayat Al Qur’an sebagai pesan langsung dari Allah  untuk diri yang harus dihayati.

Jika hal ini tidak dilakukan, maka kita akan berada dalam kerugian yang besar. Sekian tahun rajin membaca Al Qur’an, selama itu pula kita belum merasakan ruh dan nikmatnya Al Qur’an.

:'(  :’)

Sumber : Dari buku 17 motivasi berinteraksi dengan Al Qur’an.

Semoga kita semua bisa mengambil hikmahnya.🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s