“Kyoiku Mama”, “Ryousai”, dan “Kenbo” di Jepang serta Hubungannya dengan Islam


Dari grup sebelah.. (WhatsApp)

Di Jepang itu ada namanya “kyoiku mama” (ibu pendidikan) para ibu di Jepang rata-rata tidak bekerja tetapi hanya  untuk mendidik dan mengurusi anak-anak mereka mulai bangun, berangkat pulang sekolah, kursus, les, sampai tidur lagi, semuanya di bawah didikan sang ibu, para kyoiku mama ini menanamkan kesopanan, kebersihan pada anak mereka, rata-rata mereka lulusan S1 atau S2.

Mereka sekolah tinggi bukan untuk berkarier tetapi “mendidik anak” itulah karier mereka yang tertinggi.

Dan kemajuan ekonomi Jepang adalah karena ditopang oleh kyoiku mama ini makanya jangan heran kalau orang Jepang itu disiplin, etos kerja tinggi, menjaga kebersihan itu semua hasil didikan para “kyoiku mama”, sehingga sekolah hanya untuk mentransfer ilmu saja.

Sementara “Ryousai kenbo” adalah slogan yang kembali digalakkan pemerintah Jepang. Istilah ini muncul di zaman restorasi Meiji dan banyak dianut keluarga Jepang untuk mewujudkan keluarga harmonis ideal.

Ryousai : istri yg baik
Kenbo : ibu yang bijaksana

Intinya menyerukan bahwa wanita peran terhormat sebagai istri yang baik dan bijaksana. Pembagian peran alami sesuai fitrah antara perempuan dan laki laki.

Peran perempuan sebagai menteri dalam negeri dan motivator domestik rumah tangganya dan peran lelaki jadi menteri luar negeri keluarganya sebagai motivator logistik dan publik.

Di Jepang digalakkan karena sekarang perempuan memilih melajang menjadi wanita karier sehingga presentase pertumbuhan penduduk muda usia produktif di negara mereka menurun.

Dan tentu saja kasus kekerasan remaja dan bunuh diri di Jepang pada usia sekolah terus bertambah karena tidak terpenuhinya kualitas hubungan ibu dan anak yang menunjang pertumbuhan emosi anak.

Jadi wajar pemerintahan Jepang sangat memberi tempat terhormat pada peranan ibu rumah tangga yang berkualitas, karena kemajuan bangsanya kelak pun tetap ditopang oleh kualitas ibu-ibu rumah tangganya sebagai pembentuk kualitas karakter anak-anak mereka.

Keren kan, “ibu rumah tangga adalah profesi idaman” di Jepang.

Hehe.
Tidak perlu jauh-jauh ke Jepang.
Di Islam, ibu rumah tangga juga profesi idaman : “Cara mudah masuk surga”,
Melaksanakan yang wajib, meninggalkan yang haram, taat pada suami.
Sudah cukup untuk ibu rumah tangga masuk surga lewat pintu yang disukai…

Sumber : Sebuah postingan seorang kawan di suatu grup WhatsApp.

Untuk para calon ayah dan calon ibu nantinya, semoga dapat mengambil hikmahnya.🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s