Enam Perkara Aneh Yang Akan (Dan Sudah) Menimpa Umat Islam


Perkara Aneh

Syihabuddin Ahmad bin Hajar al-Asqalani dalam karyanya Nashaihul ‘Ibad mengutip sebuah hadist tentang keanehan yang akan menimpa umat islam. Menurut Rasulullah SAW, jumlah keanehan ada enam perkara.

Pertama, masjid menjadi bangunan yang aneh. Bangunan masjid dibangun megah, dengan susah payah dan berada di tengah tengah perkampungan yang padat penduduknya. Namun orang-orang enggan melakukan ibadah shalat di masjid.

Kedua, mushaf Al-Quran menjadi barang yang aneh. Orang orang berlomba mengoleksi Al-Quran di rumahnya, model terbaru, harga mahal, namun hanya dijadikan hiasan rak belaka. Jarang sekali dibaca apalagi dihayati makna kandungannya.

Ketiga, banyak sekali orang orang yang berlomba-lomba menghafalkan Al-Quran, tetapi sedikit sekali yang berlomba-lomba mengamalkan isinya.

Keempat, aneh sekali banyak wanita shalihah yang bersuamikan laki-laki yang tidak taat dalam menjalankan ajaran agama.

Kelima, aneh sekali banyak laki-laki shalih yang beristri wanita yang tidak taat beragama.

Keenam, aneh sekali orang alim (yang memahami ilmu agama) berada di tengah tengah masyarakat, namun masyarakat sudah enggan lagi mendengarkan fatwa-fatwanya.

Sementara itu Imam Ghazali mengutip sabda Rasulullah SAW kepada Haris Ibnu Umairah, “Jika umurmu panjang, kamu akan menghadapi suatu zaman yang aneh. Pada zaman tersebut akan banyak ahli pidatonya, namun sangat sedikit sekali dari kalangan mereka yang benar-benar ulama (memahami ilmu agama dan hatinya takut kepada Allah). Pada zaman tersebut akan banyak orang miskin, namun sedikit sekali yang mau menolong mereka, dan pada zaman tersebut keikhlasan dalam mencari ilmu sudah sirna. Orang orang mencari ilmu hanya mengikuti hawa nafsu belaka”.

Dikutip dari Hikmah Republika, Kamis, 28 Rabiul Awal 1435 Hijriah. (30 Januari 2014 Masehi).

Sumber : Sebuah postingan seorang kawan di suatu grup WhatsApp.

Semoga kita bisa mengambil hikmahnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s