Akhirnya Bill Gates Dilengserkan Orang Islam dalam Deretan Orang Terkaya 2013


 

Ada orang terkaya menurut Islam

Sunday, October 27, 2013

Siapa yang sangka, akhirnya umat Islam menduduki posisi pertama pada kompetisi kekayaan di dunia. Yang awalnya ditampiki oleh Bill Gates, namun hal ini tidak bertahan lama, ia dan kawan-kawannya akhirnya dilengserkan oleh kaum muslimin. Mari kita lihat posisinya tahun 2013 ini secara cermat : (pada gambar di atas)

Ternyata kaum muslimin dengan ibadah sunnahnya sudah melengserkan Bill Gates senilai US$ 72,7M, hanya dengan ibadah 2 rakaat sebelum sholat sunnah.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Dua raka’at Shalat Fajr lebih baik dari pada dunia dan seisinya.” [HR. Muslim]

dalam riwayat lain dengan lafazh :

“Sungguh kedua raka’at tersebut lebih aku cintai daripada dunia semuanya.”.

Makna Kalimat :

Shalat Fajr : yakni Shalat Sunnah Rawatib Qabliyah Shubuh.

lebih baik dari pada dunia : yakni lebih baik daripada perhiasan dunia. Ada juga yang berpendapat maknanya : lebih baik daripada menginfakkan harta dunia di jalan Allah. Makna pertama lebih tepat.

Pelajaran dari Hadits :

1. Keutamaan akhirat dibanding dunia. Karena perhiasan dunia, bagaimanapun indah dan mahalnya, maka itu semua akan hilang dan sirna. Adapun akhirat, maka kenikmatannya kekal selama-lamanya dan tidak akan sirna. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ وَمَا عِنْدَ اللَّهِ بَاقٍ [النحل/96]

“Apa yang di sisi kalian akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal.” [An-Nahl : 96]

2. Betapa besar nilai pahala yang Allah berikan untuk dua rakaat shalat fajr (yakni shalat sunnah rawatib qabliyah shubuh), padahal dua raka’at tersebut adalah amalan yang ringan. Ini merupakan salah satu bentuk keutamaan dan keluasan rahmat Allah ‘Azza wa Jalla.

3. Jika seorang muslim telah mengetahui betapa besar nilai pahala shalat fajr, maka selayaknya dia untuk senantiasa menjaganya. Sungguh dulu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam benar menjaga shalat fajr tersebut dengan sebenar-benar penjagaan, sampai-sampai ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan : “Beliau sama sekali tidak pernah meninggalkan kedua rakaat tersebut.” beliau juga menuturkan : “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menjaga amalan nafilah lebih kuat dibanding konsistensi beliau menjaga dua rakaat fajr.”

4. Tuntutan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah melaksanakan dua rakaat ini dengan ringan. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata : “Dulu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam meringankan pelaksanaan dua rakaat shalat yang dikerjakan sebelum shalat shubuh, sampai-sampai aku mengatakan, ‘Apakah beliau membaca Ummul Kitab‘?” [Muttafaqun ‘alaihi]

5. Tuntunan sunnah pada rakaat pertama setelah surat Al-Fatihah membaca surat Al-Kafirun, dan pada rakaat kedua setelah surat Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlash (Qul huwallahu ahad).

6. Apabila seorang muslim mengerjakan shalat fajr tersebut di rumahnya, kemudian dia merasa ingin istirahat sejenak, seperti kalau sebelumnya ia telah mengerjakan shalat tahajjud dengan sangat panjang, maka dituntunkan baginya untuk berbaring pada bagian kanan, dengan syarat dia yakin bahwa ia tidak akan ketinggalan shalat shubuh berjama’ah di masjid. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha : “Dulu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila shalat dua rakaat fajr, beliau kemudian berbaring pada bagian kanannya.” [HR. Al-Bukhari]

7. Shalat sunnah fajr adalah shalat sunnah yang dikerjakan sebelum shalat shubuh. Apabila dia sampai ke masjid ternyata iqamat sudah dikumandangkan (sementara dia belum sempat mengerjakan shalat fajr), maka ia tetap langsung shalat shubuh berjama’ah bersama imam. Kemudian dia bisa mengerjakan shalat sunnah fajr tersebut setelah shalat berjama’ah shubuh. Atau kalau dia mau, dia menunggu sampai matahari terbit dan mengerjakannya ketika matahari sudah tinggi.

Sumber Rujukan: assalafy.org dan postingan keutamaan sholat qobliyah Subuh di weblog muslimina.

Hikmah : Salah satu sunnah yang begitu sulit dilakukan oleh kaum muslim adalah sholat sunnah 2 rakaat sebelum (qobliyah) sholat wajib Subuh karena sebagian besar orang-orang muslim masih tertidur saat adzan Subuh berkumandang.

Bila ada yang bangun pun itu merupakan perjuangan yang berat karena harus melawan kantuk yang besar dan juga melawan hawa nafsu untuk tidur lagi serta dinginnya udara pada waktu Subuh. Padahal sholat sunnah ini memiliki banyak manfaat dan keutamaannya seperti yang sudah disebutkan di atas.

Oleh karena itu, bagi para muslim dan muslimah, marilah kita berjuang untuk istiqomah sholat sunnah 2 rakaat sebelum Subuh, mulai dari hal-hal yang kecil, dari diri sendiri, dan dari sekarang. Semangat selalu. ^^

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s