Penjelasan dan Petuah dari dosen Farmasi ITB


Saya ingin mengingatkan untuk para orang tua yang tinggal jauh dari anaknya untuk senantiasa mengingatkan anak-anaknya untuk makan teratur dan sehat, terutama di masa-masa ujian seperti saat ini.
Banyaknya mahasiswa meninggal saat setelah pulang dari aktivitas atau karena sakit (yang secara medis tidak tergolong berat) di kosan menjadi bahan diskusi bagi kami mahasiswa farmasi. Kecurigaan yang paling kuat penyebab meninggalnya mahasiswa (tanpa ada riwayat gangguan jantung) adalah terjadinya kondisi hypoglycemia saat kondisi tidur.
Kebanyakan mahasiswa kalau sudah kelelahan akan cenderung segera tidur dan melupakan bahwa tubuhnya membutuhkan asupan gula. Kondisi paling ringan jika terjadi kekurangan gula adalah pingsan. Nah kalau pingsan ini terjadi pada kondisi tidur dan berlangsung lama, maka kerusakan otak/sistem saraf bisa terjadi, dan akhirnya mencapai level kematian.

Oleh karena itu, pentingnya untuk mengingatkan para mahasiswa/anak-anak untuk makan yang teratur dan sehat adalah hal yang penting.

Sumber : Dari status Facebook dan postingan WhatsApp dua orang teman

Semoga ini dapat menjadi hikmah dan pelajaran bagi kita semua. Catatan : tahun ini ada dua orang mahasiswa ITB yang meninggal dunia di dalam kamar kosannya atau di asramanya karena sebagian besar dikarenakan penyebab kematian yang disebutkan di postingan di atas.😥

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s