Informasi Pengenalan Jurusan Pascasarjana di SITH ITB


SITH-logo

Ada S2 S3 ITB

Program Pascasarjana (Magister dan Doktor) di Sekolah IImu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung terdiri dari tiga jurusan S2 (Magister) : Biologi, Bioteknologi, dan Biomanajemen serta satu jurusan S3 (Doktor) : Biologi. Berikut ini adalah pemaparan singkat, padat, dan jelas mengenai keempat jurusannya.

1. Magister Biologi

Program studi Magister (S2) Biologi SITH ITB menyelenggarakan pendidikan tingkat Magister (S2) bagi semua sarjana Biologi dan sarjana Ilmu Kehayatan (Kedokteran umum, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan, Pertanian, Peternakan, dll) untuk lebih mendalami ilmu Biologi dengan melakukan penelitian semi mandiri dibawah bimbingan dosen pembimbing penelitian. Dengan melakukan penelitian semi mandiri, mahasiswa dituntut untuk dapat menyusun proposal penelitian, melaksanakan penelitian, menulis laporan penelitian dalam bentuk thesis magister dan menulis laporan ilmiah dalam bentuk jurnal ilmiah. Dengan demikian disamping mendapatkan peningkatan pemahaman akan ilmu biologi dalam jalur pilihan atau bidang kajian yang diinginkan, lulusan magister biologi juga memiliki kompetensi sebagai peneliti dalam jalur pilihan atau bidang kajian yang diminati tersebut.

Program Studi Magister Biologi memiliki tiga (3) jalur pilihan atau bidang kajian:

    1. Jalur pilihan Biologi Sel dan Molekuler
    2. Jalur pilihan Biologi organismal
    3. Jalur pilihan Biologi Lingkungan

Jalur pilihan dan kompetensi Penelitian Magister

1. Jalur pilihan Biologi Sel dan Molekuler

Mahasiswa yang mendalami jalur pilihan atau bidang kajian Biologi Sel dan Molekuler memperoleh dasar-dasar pengetahuan biologi pada tingkat sel dan molekuler sebagai kompetensi wajib. Sebagai konsekuensi kompetensi ini, maka penelitian yang dirancang oleh mahasiswa yang bersangkutan diarahkan untuk memahami mekanisme biologi pada level biologi sel dan/atau biologi molekuler. Kajian ilmiah dalam matakuliah tatap muka maupun dalam penelitian magister selalu berada pada level tersebut. Dengan demikian pengetahuan lulusan Program Studi Magister Biologi dengan jalur pilihan atau bidang kajian Biologi sel dan Molekuler akan terfokus pada pengetahuan biologi pada level sel dan molekuler.

2. Jalur pilihan Biologi Organismal

Mahasiswa yang mendalami jalur pilihan atau bidang kajian Biologi Organismal akan memperoleh kompetensi konsep-konsep fisiologi, sistem pertahanan tubuh dan analisis biostatistika yang sangat penting digunakan dalam merancang penelitian pada level organismal. Penelitian pada bidang kajian ini sangat luas seperti: Biologi Reproduksi, Biologi Perkembangan, Fisiologi, dll, baik pada hewan, tumbuhan dan mikroba, serta kemungkinan aplikasi dari penelitian tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Cakupan penelitian biologi organismal dapat menggunakan pendekatan biologi sel, biologi molekuler, struktur anatomi, histologi, fisiologi, bahkan ekologi.

3. Jalur pilihan Biologi Lingkungan

Mahasiswa yang mendalami bidang kajian Biologi Lingkungan akan memperoleh kompetensi utama dalam ekologi terestrial, ekologi akuatik, analisis ekosistem, dan ekologi populasi. Kompetensi penelitian dalam bidang kajian ini diarahkan untuk memahami masalah-masalah lingkungan dan alternatif pemecahan masalah lingkungan tersebut dilihat dari kajian ilmu ekologi.

Sumber : Informasi Magister Biologi di Website SITH ITB

2. Magister Bioteknologi

Program Magister (S2) Bioteknologi didirikan sejak tahun 2003. Program ini dirancang untuk menghasilkan sumber daya manusia yang handal dalam bioteknologi, yaitu yang dapat mengembangkan sumber daya alam hayati menjadi produk-produk yang mempunyai nilai tambah untuk diaplikasikan dalam bidang kesehatan, pertanian, lingkungan, dan energi.
Untuk mencapai tujuan tersebut, perpaduan sains dan teknologi yang meliputi biokimia, biologi sel dan molekul, bioproses, kultur sel dan jaringan, teknologi fermentasi, rekayasa genetika, teknologi DNA dan bioinformatik, dipelajari melalui perkuliahan dan penelitian.

Sumber : Informasi Magister Bioteknologi di Website SITH ITB

3. Magister Biomanajemen

Progam studi (prodi) magister Biomanajemen, yang sebelumnya bernama program studi Pengelolaan Sumber Daya Hayati dan Lingkungan Hidup Tropika (PSDH & LH Tropika), diselenggarakan sejak tahun 1996. Mulai tahun 2003, prodi Biomanajemen di ITB merupakan Program Magister Akademik Berorientasi Terapan. Program ini dirancang untuk merespons kebutuhan akan tenaga ahli profesional yang mampu mengelola sumber daya hayati dan lingkungan hidup (SDH & LH) di kawasan tropika.

Mengingat karateristika pengelolaan SDH & LH yang umumnya bersifat kompleks dan multidimensional, untuk mengoptimalkan pemanfaatan dan menjaga keberlajutan pemanfaatan serta kelestarian SDH & LH dibutuhkan bentuk-bentuk pengelolaan yang memperhatikan aspek biologis sekaligus aspek-aspek yang lain seperti manajemen, teknologi, sosial, politik, ekonomi, hukum dan etika.

Kurikulum prodi Biomanajemen dirancangan untuk menghasilkan lulusan yang mampu menggunakan pendekatan interdisiplin dalam mengelola sumber daya hayati dan lingkungan hidup sehingga dapat berkontribusi pada terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

Pelaksanaan program ini mendapat dukungan dari Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB dan dalam proses pendidikan akan melibatkan beberapa pakar dari luar ITB dan praktisi sebagai dosen tamu. Program in menerima lulusan S-1 dari berbagai disiplin ilmu.

Sumber : Informasi Magister Biomanajemen di Website SITH ITB

4. Doktor Biologi

Pada abad ke-21 ini, keahlian dalam bidang ilmu-ilmu hayati (life sciences) akan memegang peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan kehayatan (biosains), bioteknologi, dan pengelolaan sumber daya alam. Bahkan bioteknologi diperkirakan akan menjadi salah satu ilmu terapan (applied sciences) yang terpenting. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB yang didirikan pada Januari 2006, mengelola enam program studi pada tingkat S1, S2 dan S3 yang memberikan pendidikan multidisiplin untuk menghasilkan lulusan dalam ilmu dan teknologi hayati yang siap dan berani menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompetitif.

Lulusan SITH akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk bersaing dalam pasar kerja, dan memiliki kesempatan yang luas untuk berkarir dalam berbagai bidang di lembaga pemerintahan, swasta/industri, kewirausahaan dan yang lainnya. Staf akademik SITH (100% berkualifikasi doktor dari Australia, Belgium, France, Germany, Indonesia, Japan,The Netherlands, UK, dan USA), dengan didukung fasilitas terkini, aktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Penelitian yang didanai hibah kompetitif dari dalam dan luar negeri sejalan dengan agenda riset keempat kelompok keilmuan (KK) SITH, yaitu: (1) Ekologi dan Biosistematik, (2) Fisiologi, Biologi Perkembangan dan Biomedika, (3) Mikrobiologi, Genetika dan Biologi Molekuler, dan (4) Sains dan Bioteknologi Tumbuhan.

Sumber : Informasi Doktor Biologi di Website SITH ITB

Catatan : Informasi serupa dapat dilihat juga di tumblr info S2 & S3 SITH ITB.🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s