Rasa Percaya Diri Bagi Seorang Muslim


Tulisan ini saya ambil dari bagian cerpen “Pe-De Abis” (hanya di halaman 167-170,serta saya ambil bagian intisarinya) dari buku Kumcer “Impian Jacqueline” karya Diana Roswita tahun 2004. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari cerita ini.

Baru saja Diskusi Panel yang mengangkat tema “Rasa Percaya Diri Bagi Seorang Muslim” selesai dilangsungkan. Aku masih terduduk di kursiku di dalam kantin. Kuteguk segelas teh manis yang terhidang di depanku. Benakku masih diliputi kalimat-kalimatku saat menyampaikan materi sebagai pembicara dalam acara diskusi tadi.
“Jadi, rasa percaya diri harus dimiliki oleh setiap Muslim sebab Allah telah menjamin umat Islam sebagai “khairu ummah”, umat yang terbaik dari umat-umat lainnya di alam ini. Dan juga, sesungguhnya Allah menegaskan bahwa kita adalah umat yang tertinggi jika kita beriman. Sekali lagi, syarat untuk menjadi umat tertinggi adalah iman.”

Lalu…

“Rasa percaya diri yang dilandasi iman yang benar, akan melahirkan tindakan-tindakan yang benar, seperti percaya diri untuk menyampaikan kebenaran di depan penguasa yang zalim, percaya diri untuk memperjuangkan hak-hak kita yang dirampas, percaya diri untuk melawan kebatilan. Sebaliknya, tanpa iman yang benar, rasa percaya diri dapat menyebabkan lahirnya tindakan-tindakan yang konyol, seperti percaya diri untuk tampil melakukan kemaksiatan di depan umum, percaya diri untuk memberantas pelaku kebenaran, percaya diri untuk membela orang-orang yang jelas-jelas melakukan kesalahan. Jadi intinya, agar kita dapat menempatkan rasa percaya diri dalam diri kita pada tempatnya yang sesuai, terlebih dulu kita harus memiliki iman yang benar. Iman yang dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.”

Ya, pe-de memang perlu, tapi bukan sembarang pe-de. Melainkan, pe-de yang sesuai dengan ajaran Islam. Dan andaikan semua orang memiliki sifat pe-de yang seperti itu, tentu, alangkah indahnya dunia.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s