25 Cara Tak Terkalahkan untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anda


Senin, 20 September 2010

Sistem kekebalan tubuh adalah pertahanan alami tubuh melawan penyakit. Fungsinya berkisar dari melawan bakteri berbahaya dan virus untuk menghancurkan sel-sel berpotensi kanker. Namun, sistem kekebalan tubuh kita berada di bawah serangan dalam kehidupan kita sehari-hari dari berbagai sumber seperti radikal bebas dalam tubuh, bakteri, radiasi UV, polusi lingkungan, dan stres. Ini penting tidak hanya untuk memastikan sistem kekebalan tubuh Anda selalu sehat, tetapi juga untuk memaksimalkan fungsi pertahanan alami. Untungnya, ada beberapa tindakan yang bisa kita ambil untuk mencapai tujuan ini. Postingan ini dapat mengarahkan Anda untuk :

1. Makan makanan yang sehat dengan penuh kesadaran termasuk makanan sehari-hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
2. Latihan dan aktif secara fisik, dari semua latihan tubuh, berlari, berjalan, dan menari untuk berkebun. Kuncinya adalah untuk terus bergerak.
3. Memupuk hobi baru yang menuntut fisik, membuat jantung Anda berdetak lebih cepat, dan darah Anda beredar baik. Sebagai hasilnya, Anda akan menjadi lebih fit.
4. Praktek ketenangan. Sebuah pikiran yang tenang dapat mempromosikan kedamaian batin dan relaksasi.
5. Ambil mandi air hangat atau mandi. Perendaman dalam air hangat adalah cara lain untuk relaksasi.
6. Dapatkan cukup tidur. Kurang tidur atau tidak tidur dapat merusak fungsi sistem kekebalan tubuh.
7. Mengurangi stres. Semua orang mendapat stres dari berbagai wilayah kehidupan. Ada bisa menjadi daftar panjang tips manajemen stres, tapi tidak semua bekerja untuk semua orang. Bersenang-senang menemukan dan mengembangkan apa pun yang bekerja untuk Anda.
8. Jadilah orang yang baik. Menurut seorang teman baik saya yang merupakan seorang ahli onkologi yang berpengalaman, kehidupan lama ayah saya itu tentu dikaitkan dengan kebaikan yang luar biasa, yang membuat dokter ini ingin belajar lebih banyak tentang kebaikan ayah saya.
9. Menghargai “hal-hal kecil” dalam hidup dan selalu mempertahankan sikap positif dan bersyukur. Penelitian menemukan bahwa orang yang memiliki kerangka pikiran negatif mengalami kesulitan benar merekrut respon kekebalan tubuh mereka dan dengan demikian menimbulkan risiko lebih tinggi untuk penyakit dibandingkan dengan mereka dengan sikap positif.
10. Dapatkan hal-hal luar. Apakah Anda berjalan, ski, sepeda atau berjalan kaki, kombinasi menikmati keindahan alam dan dosis latihan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
11. Menjaga rumah dan tempat kerja supaya bebas dari kekacauan, karena kekacauan adalah pemicu stres. Jelas mereka mengacaukan mental juga.
12. Tertawa dan sering tersenyum. Tertawa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda tanpa biaya. Tertawa lebih banyak dilakukan orang, sehingga depresi kurang mereka alami. Jika Anda memiliki kesulitan tertawa, carilah terapi “Yoga Tertawa“, dengan memeriksa sebuah kelompok lokal yang praktek itu.
13. Memiliki rasa humor. Ya, beberapa orang memiliki lebih dari tulang lucu daripada yang lain. Namun, banyak orang hanya tidak mendorong sisi lucu mereka, dimensi yang hampir semua orang memiliki dalam beberapa cara.
14. Praktek pernapasan dalam dan tetap tenang. Hitung 1,2, 3 … sebelum kemarahan mengambil alih.
15. Memelihara emosional yang baik dan Anda menjadi bahagia. Jika Anda tidak mempromosikan kesehatan emosional, tubuh fisik Anda akan membayar harga. Emosi sangat erat terlibat dalam inisiasi dan perkembangan kanker, penyakit jantung, dan HIV.
16. Luangkan waktu berhenti, dan mengambil istirahat siang hari.
17. Makan sarapan yang sehat, bukan hanya sarapan apapun. Melewatkan sarapan bahkan lebih buruk.
18. Ambil apa pun untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Ingat, itu bisa menjadi maraton menyenangkan, bukan obat semalam.
19. Berhenti makan gula. Gula menekan sistem kekebalan tubuh, bahkan satu sendok teh gula dapat mengurangi aktivitas sel-sel alami tubuh Anda pembunuh selama berjam-jam. Ada banyak jenis makanan yang membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda, menjelajahi mereka dan mengganti gula.
20. Makan sup lebih banyak, terutama sup ayam.
21. Minum banyak air. Jika memungkinkan, Anda menyaring minum / air memasak.
22. Minum teh lebih banyak, khususnya teh hijau.
23. Dapatkan banyak udara segar, khususnya, menjaga udara dalam ruangan Anda supaya bersih dan segar.
24. Berurusan dengan masalah kesehatan bahkan rasa sakit atau tempat yang tidak biasa sesegera mungkin. Memperbaiki masalah kecil untuk fungsi yang optimal dari mesin besar – tubuh Anda.
25. Mengembangkan hubungan yang baik di sekitar Anda. Sebuah ikatan keluarga yang kuat, pernikahan yang bahagia, dan persahabatan yang baik dapat membantu Anda selama masa-masa yang baik dan tangguh.

Bonus: Ambil suplemen multivitamin dan mineral untuk menjamin pasokan yang cukup dari nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda namun kurang dari diet Anda. Namun, pastikan Anda mengambil suplemen berkualitas dikendalikan daripada “sekadar suplemen” atau “suplemen murah” (lihat tips di website kami).

Sistem kekebalan tubuh kita efektif sebagian besar waktu. Semoga tips di atas bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempromosikan kebahagiaan Anda.

Jika Anda suka ini, silakan berbagi.

Sumber :

Xie, Hui Xie & Zukauska. 2010. 25 Unbeatable Ways to Strengthen Your Immune System. http://www.cancerpreventiondaily.com/blog. Accessed : 14 November 2012, 10:40

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s