My Fullname, time of my birth, and mistery of number 22. :-)


Ulasan mengenai nama lengkap saya, TTLnya, dan misteri nomor 22 akan saya terangkan sbb :

Hal mengenai nama kita merupakan kewajiban bagi kedua orang tua yaitu memilih nama  terbaik bagi anaknya, baik dari sisi lafadz  dan  maknanya,  sesuai  dengan  syar’iy  dan  lisan  bahasa Arab serta berbagai bahasa-bahasa lain yang ada di dunia ini. Berikut ini adalah dalilnya :

Telah  tsabit dari hadits Mughiroh bin Syu’bah  radhiallahu ‘anhu dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam, ia bersabda :

“Sesungguhnya mereka memberikan nama (pada anak-anak mereka) dengan nama-nama para nabi dan orang-orang sholih” (HR. Muslim).

Nama yang baik merupakan hak seorang anak, telah disebutkan juga dalam sebuah hadist :

” Ya Rasulullah, apa hak anakku ini?” Nabi Saw menjawab, “Memberinya nama yang baik, mendidik adab yang baik, dan memberinya kedudukan yang baik (dalam hatirnu).” (HR.Aththusi).

Berikut ini akan dijelaskan tentang kisah asal usul nama lengkap saya dan berbagai hal yang manis maupun pahit yang mewarnai sepanjang jalur kehidupanku.

1. Ariesta Rakhmat Isfandito

Nama di atas adalah nama lengkap sejak saya  dilahirkan pada hari Kamis,jam 23:35,tanggal 19 April 1990 di kota Bandung,Jawa Barat,Indonesia. Nama depan dan belakang merupakan pemberian dari ibu saya tercinta sejak beliau hamil,sedangkan nama tengah merupakan nama pemberian ayah saya yang penuh kasih sayang saat saya sudah lahir. Mereka berdua sungguh banyak memberikan inspirasi,cinta,kasih sayang,bantuan,nasihat,bimbingan,dan masih banyak lagi. Hal ini sudah saya rasakan sejak kecil dan juga lewat nama saya. Dampaknya pun masih bisa saya rasakan hingga sekarang. Berikut ini akan saya jelaskan asal usul nama saya dengan penjelasannya.

a. Nama depan : Ariesta = Aries + Ta

a1. Aries itu adalah zodiak astrologi yang berlmbang domba dan bersimbol tanduk domba dengan periode tanggal 21 Maret-19 April tahun berapa pun.

a2. Ta itu sebenarnya adalah kata pelengkap untuk kata Aries sehingga menjadi Ariesta. Orang tuaku pun tidak tahu arti kata Ta,namun seperti member isyarat tersirat padaku untuk mencari sendiri artinya. Akhirnya saya mengetahuinya. Lewat kamus besar Indonesia-Inggris, ta itu berarti “to.1” yang memiliki arti ke yang menandakan “right” yang berarti menuju atau tepat atau menandakan persetujuan. Ini berarti penambahan nama Ta adalah untuk menegaskan bahwa saya berzodiak Aries.

Selain itu,alasan yang paling kuat adalah karena ibuku ingin aku menjadi bintang (seperti makna zodiak astrologi) seperti bintang kelas, bintang sekolah, bintang perguruan tinggi, atau pun bintang-bintang yang bermanfaat bagi Allah, diri sendiri,kelurga, masyarakat dan lingkungan sekitar serta negara dan dunia. Alhamdulillah,  sebagian besar harapan ibu itu terkabul walau tidak sempurna dan tidak semuanya tercapai.

b. Nama tengah : Rakhmat

Nama ini hanya satu kata saja dan berasal dari bahasa Arab yang berarti karunia atau belas kasih. Ayah saya pernah berkata bahwa saya merupakan karunia dari Allah karena ayah dan ibu sudah cukup lama mendambakan kelahiran anak dan ketika saya lahir, mereka sungguh bahagia dan senang sekali rasanya. :-)

Selain itu, nama tengah ini juga diambil dari nama seorang teman ayah dan ibu yang bernama sama juga dengan nama ini. Kata ayahku, beliau orangnya sangat baik,ramah, dan gemar menolong orang lain dan bahkan beliau banyak memberikan nasihat-nasihat yang baik pada masa setelah pernikahan ayah dan ibu. Dan mereka berdua sangat senang dan bahagia menerimanya,terutama saat saya masih ada dalam kandungan ibuku. Ayahku pun sangat berharap saya bisa meneladani beliau. Saya pun mengangguk dan berusaha keras semampunya agar bisa meneladaninya.  :-)

Btw,nama tengah ini sempat ditulis salah di daftar absen sekolah lanjutan menjadi Rakhmati atau Rakhmawati dan lagi-lagi saya dikira wanita. -__-“ Mungkin ini karena pengaruh nama depanku. Orang tuaku memprotes kesalahan ini. Untunglah pihak sekolah meminta maaf dan mengubahnya menjadi nama tengah semula dan saya pun kembali dipanggil sebagai orang pria. Untunglah. :-)

c. Nama belakang : Isfandito = Is + Fan + Dito

Nama ini merupakan nama yang sangat jarang saya temui karena begitu saya cari via Google ternyata kebanyakan hanya nama belakang saya ini yang muncul dan hampir tak ada satupun yang sama atau menyerupai nama ini. Berarti ini adalah salah satu nama saya yang khas dan unik serta bisa jadi pembeda dengan yang lainnya. Mungkin untuk ke depannya, saya akan menggunakan nama ini sebagai nama pena penulis atau pun nama keluarga (marga) untuk keluarga baru saya nanti. Insya Allah.

c1. Is itu sebenarnya dua huruf awal nama ibuku. Itu karena beliau sangat menyayangi saya sejak lahir hingga sekarang dan menjadi salah satu buah cintanya yang berharga dengan  ayahku. Namun,saya juga bisa menafsirkannya sebagai dua inisial yang terpisah : Is = IS = I + S. I adalah inisial nama ibuku dan S adalah inisial nama ayahku. Jadi,pemberian nama Is ini supaya saya terus mengingat orang tua saya dan karena saya lahir karena takdir Allah melalui mereka berdua.

c2. Fan itu merupakan bentuk pengucapan dari fun yang berarti gembira atau menyenangkan. Ibuku berharap agar saya senantiasa gembira dengan kehidupan ini. Saya juga menafsirkannya agar saya tetap senang hati menerima apapun takdir dari Allah. Bila mengalami atau menghadapi  ujian,saya bersabar dan bila menerima atau mengalami anugerah atau kenukmatan,saya bersyukur. Insya Allah, saya berusaha sebaik-baiknya untuk melakukannya.

c3. Dito itu merupakan nama favorit dan panggilan kesayangan orang tuaku sejak saya lahir. Penyebabnya karena kedua orang tuaku sudah terlanjur cinta dengan nama ini sebab nama ini sangat enak untuk memanggilku. Waktu saya,tanya kepada kedua orang tuaku,ternyata mereka berdua juga tidak mengetahi artinya,yang penting nama ini bagus. Akibatnya semua teman-teman masa kecilku dan keluarga besarku memanggilku dengan nama ini. Jadi,jangan heran bila di rumah,saya tidak dipanggil Aries atau Tata atau Ariesta,tetapi nama Dito ini. Meski begitu, saya tetap senang dan bahagia sebab orang-orang pada senang memanggil namaku ini.

Saya pun mencari arti nama Dito ini. Saya menemukan beberapa artinya,namun terasa kurang pas atau tidak sesuai dengan hati saya. Akhirnya saya menemukan makna yang baik. Kata Dito berasal dari kata Dita (dibahasajawakan menjadi Dito) yang dalam bahasa Slavia berarti hadiah. Saya sangat bahagia menemukan arti kata ini. Semoga saya merupakan hadiah dari Allah untuk kedua orang tua saya dan juga untuk dunia ini. Insya Allah. Semoga pula saya dapat memberikan hadiah dan saling berbagi kebahagiaan dengan Allah, sesama manusia, makhluk-makhluk ciptaan-Nya dan juga lingkungan dunia yang merupakan hasil karya-Nya yang sungguh indah and penuh harmoni. Aamiin.

Jadi,tolong panggil saya Aries,karena sesungguhnya itu nama panggilan terfavorit saya,meski saya juga menyukai nama panggilan lainnya yang sudah disebutkan di atas. Sesungguhnya kita diperintahkan atau dianjurkan untuk memanggil nama saudara-saudari kita dengan nama panggilan yang baik dan yang disukainya.

2. Misteri Nomor 22

Nomor 22 pada kostum di atas menunjukkan usia saya yang sekarang : 22 tahun. Selain itu, nomor 22 juga merupakan  ekor NIM saya di jurusan Mikrobiologi ITB, 10409022. Nomor 22 juga adalah sebuah angka yang menjadi angka terfavorit saya di antara angka2 lainnya.

Bahkan, angka 22 juga merupakan penjumlahan dari nomor pada nama sekolah saya (baik yang pakai nama kata atau pun angka).

Berikut ini adalah rincian nama sekolahnya secara berurutan :

TK Karya Putra 2 Bdg, SDN Antapani 1 Bdg, SMPN 14 Bdg, dan SMAN 5 Bdg. Bila dijumlahkan angka2nya : 2 + 1 + 14 +5 = 22 yang akhirnya terwujud juga di Mikrobiologi ITB dengan ekor NIM 22.
Semoga isi artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya.🙂

Tinggalkan Balasan

