3. Kura-kura dan kancil (bagian 3)


Namun, ceritanya tidak hanya sampai disini. Kali ini sang Kura-kura mulai berpikir dan sadar bahwa tidaklah mungkin berlomba dengan Kancil pada jalur seperti yang lalu.

Setelah berpikir keras, kali ini Kura-kura menantang sang Kancil untuk berlomba lagi pada jalur perlombaan yang berbeda. Sang Kancil setuju.

Mereka mulai berpacu dan sang Kancil berlari dengan cepat tanpa berhenti sampai akhirnya terpaksa berhenti ditepi sungai, karena harus menyeberang. Rupanya garis finish nya terletak beberapa ratus meter setelah tepi diseberang sungai.

Sang Kancil bingung tidak tahu harus berbuat apa. Tidak lama kemudian, muncul Kura-kura menyusul dan dengan santainya menyeberang sampai kegaris finish dan memenangkan pertandingan.

Maksud cerita ini adalah :

a. Temukan kekuatan utama Anda kemudian carilah tempat bertanding yang sesuai dengan kekuatan utama Anda. Contohnya :

  1. Di suatu perusahaan, kalau Anda pandai berbicara, carilah kesempatan untuk memberikan presentasi sehingga pimpinan Anda bisa melihat kemampuan Anda.
  2. Jika kekuatanmu adalah menganalisis, carilah peran yang membutuhkan kemampuan analisis.

b. Bekerja pada kekuatanmu bukan hanya menunjukkan kehebatanmu akan tetapi juga menciptakan kesempatan untuk maju dan berkembang. Contohnya :

  1. Jika kekuatanmu adalah mengorganisir, carilah peran untuk mengorganisir sesuatu kegiatan penting agar perusahaan tahu bahwa anda mungkin pantas menjadi manager.
  2. Jika kekuatanmu adalah waspada dan teliti carilah peran yang membutuhkan kewaspadaan dan ketelitian seperti peran yang terkait dengan keselamatan, hukum atau keuangan

Ceritanya belum selesai lho…

Sumber :  Power Point Lead Pro (Engineering and Management Consulting Services). 2012.  Cerita Baru Kura-kura dan kancil.

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s